MOTIVASI MENJADI DUTA RUMAH BELAJAR

 Salam Berbagi😊

Assalammu’alaikum Wr. Wb

Saya Yayuk Supriaten, Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Kalimantan Tengah


Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya mengikuti PembaTIK. Dengan mengikuti  PembaTIK  dari level 1 hingga level 4 ini, saya menemukan sesuatu yang sangat luar biasa. Dari mulai teman baru, ilmu baru, pengalaman baru, tantangan baru, semangat baru dan cerita-cerita baru. Sungguh itu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan yang saya rasakan. Mungkin yang paling terpenting adalah ilmu yang sebelumnya belum pernah saya temui atau saya dapatkan, tapi di PembaTIK ini saya mendapatkan ilmu baru yang sangat bermanfaat. 

Misalnya dalam membuat video pembelajaran, yang sebelumnya hanya dengan Microsoft Power Point saja, namun disini saya dikenalkan dengan Articulate Storyline yang tidak kalah menarik untuk membuat media pembelajaran interaktif, meskipun perangkat atau laptop saya belum bisa menginstalnya, namun saya mendapatkan sesuatu yang baru itu menjadikan motivasi untuk saya coba.

Dan tantangan baru yang saya dapatkan disini adalah ketika membuat tugas level 3 yang membuat media pembelajaran, disini saya mengambil tugas video pembelajaran. Saya berfikir bagaimana video pembelajaran dengan durasi singkat agar menarik. Kemudian saya mencari cara bagaimana supaya gambar yang ada di video itu bisa bergerak, dan ternyata hal tersebut dapat dilakukan dengan Microsoft Power Point saja yang sebelumnya saya hanya membuat dengan animasi masuk dan keluar, namun saya mendapatkan ilmu baru untuk membuat Motion Graphic dengan Microsoft Power Point. Dan ternyata masih banyak hal yang dapat di eksplor dari Microsoft Power Point tersebut.

Lalu ketika kita mengedit sebuah video menggunakan aplikasi yang sebelumnya belum pernah saya lakukan, dan ternyata proses edit video itu membutuhkan waktu yang tidak singkat namun saya merasakan sesuatu yang “asyik” disini bagaimana kita berkreatifitas untuk memberikan sesuatu yang menarik pada sebuah video. Dari mulai opener, title, effect, animation, end title, dan lain sebagainya.

Pengalaman ini membuka pikiran saya untuk mencoba sesuatu hal yang baru dari hal yang sederhana. Kemudian sebelumnya akun youtube saya yang hanya saya manfaatkan untuk menonton saja dan karena mengikuti kegiatan PembaTIK ini akhirnya akun Youtube jadi lebih bisa bermanfaat dengan membagi karya atau sesuatu yang kita punya. Kegiatan PembaTIK ini membuka wawasan saya untuk bisa mengeksplor dan memanfaatkan sesuatu yang sederhana menjadi luar biasa.

Hal ini baru sebagai peserta sudah mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang dibilang cukup mahal,  apalagi ketika menjadi Duta Rumah Belajar pasti akan lebih banyak lagi yang didapatkan khususnya pengalaman-pengalaman yang sangat luar biasa tentunya. Hal ini menjadi motivasi untuk saya untuk menjadi Duta Rumah Belajar. Selain kita mendapatkan ilmu, kita juga bisa berbagi dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ketika kita bisa berbagi ilmu dan bermanfaat untuk orang lain, itu adalah salah satu bekal untuk di kehidupan selanjutnya

Semangat untuk berbagi

Terima kasih PembaTIK

Terima kasih Rumah Belajar

Wassalammu'alaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUKUNGAN KEPALA SMP NEGERI 12 PALANGKA RAYA UNTUK SAHABAT RUMAH BELAJAR PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

PEMANFAATAN FITUR PORTAL RUMAH BELAJAR

SOSIALISASI RUMAH BELAJAR DI SMP NEGERI 7 PALANGKA RAYA